Sabtu, 11 November 2017

Hari Ke 10 Komunikasi Produktif

"Ayo kita bikin susu, sambil nunggu ummi ya, ummi lagi sholat." ajak sulungku ke adik perempuannya.

Aku sedang sholat subuh saat anak2ku sudah terbangun dari tidurnya. Si adek menangis ingin perhatianku dan sulungku dengan tutur kata yang lembut menghiburnya.

Keyakinan bahwa komunikasi sulungku semakin membaik. Walau tentu satu dua kali masih berintonasi meninggi, tetapi hari ini sangat mudah untuk diingatkan.

Tidak bosan untuk memperhatikan pola komunikasi sulungku hari ini. Mendengarkan dengan seksama dan antusias ceritanya. Merespon dengan semangat. Dan memasukkan nilai2 komunikasi produktif untuknya : bicara yang baik, lembut, tidak berteriak dan tersenyum.

Sehari ini, sulungku sangat berkerjasama dengan baik. Teriakan-teriakan saat bicara sesekali masih dilakukan, tetapi beberapa kesempatan sulungku meminta maaf sembari memelukku.

Konsisten. Pola komunikasi produktif harus ditumbuhkan dengan konsisten dan disiplin. Dan inilah yang sedang aku lakukan...

#hari9
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bekal untuk Buddy ku #jurnal 8 kelas ulat ulat

Kelas ulat ulat sudah di penghujung waktu, setelah ini kami akan memasuki kelas kepompong. Di momen terakhir kelas ulat ulat ini, ...