Jumat, 10 November 2017

Cerita Sulungku Hari ke 8 dan 9

Fuih... Lolos satu hari tidak bisa posting tantangan bunda sayang level 1, komunikasi produktif.

Dua hari ini sungguh luar biasa. Sulungku sedang ekstra mengajari aku, ibunya, untuk semakin bersabar, untuk berjuang mengendalikan diri dan tetap berbahagia dibalik segala upaya dan jerih payah menghadapinya 😄😄

Jum'at 10 november 2017, sedari bangun pagi, sulungku sudah menampakkan rajukannya. Dia merajuk tidak ingin ke sekolah karena badannya capek. Susu buatan ku sampai 2 x menurutnya tidak pas, ada saja yang tidak sesuai dengan keinginan hatinya.

Inilah moment untuk mempererat ikatan dengan sulungku. Inilah moment untuk belajar selalu menggunakan kepala dingin menghadapi perilaku anak-anak kita. Kuberikan semua perhatian padanya, tanpa gangguan apapun. Sampai ia bisa mengungkapkan perasaannya dan keinginannya.

"Mas Azka, lain kali kalau ingin sesuatu bilang dengan baik ya." kukatakan lembut sembari tersenyum dan memeluknya. Belajar konsisten tentang kaidah berkomunikasi dengan anak.

Satu dua pesan kusampaikan. Sulungku mulai melunak, walau mungkin tidak sepenuhnya memahami maksudku tapi aku yakin ada pelajaran berharga hari ini.

Kurasakan hari ini sungguh menguras kesabaran. Berkali-kali menemui kondisi sulungku dalam keadaan "marah". Pelajaran hari ini tantang "menahan diri" , sungguh luar biasa. Sampai dada rasanya berat dan berkali-kali menarik nafas panjang. Fuuuh.. Dan lega rasanya karena aku berhasil menguasai diri hari ini.

Titik-titik air mata terasa hangat jatuh saat diri ini bersimpuh di hadapan Nya. Merasa tak kuasa tanpa pertolongan Nya dalam mendidik mereka, anak-anak ku... 😢😢

#hari8
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bekal untuk Buddy ku #jurnal 8 kelas ulat ulat

Kelas ulat ulat sudah di penghujung waktu, setelah ini kami akan memasuki kelas kepompong. Di momen terakhir kelas ulat ulat ini, ...