Senin, 02 Maret 2020

Refleksi Belajar #jurnal 7 kelas ulat ulat

Ini dia isi keranjang ku dari hutan ilmu  :


Refleksi Belajar Kelas Ulat Ulat :
1. Apakah makanan yang kudapatkan sudah sesuai dengan kebutuhan makanan yang ada di petaku?

Iya, sangat sesuai bahkan sangat lengkap dibanding yang sudah kutuliskan di dalam peta belajar. Walau pun tambah banyak tetapi tidak keluar dari makanan utama yang kubutuhkan.

2. Mana yang lebih banyak kudapatkan selama berkelana di hutan pengetahuan, makanan utama atau cemilan? Mengapa?

Yang lebih banyak kudapatkan adalah makanan utama. Karena saya betul2 fokus untuk menemukan makanan utama saya. Walau banyak tergoda dengan makanan lain yang bertebaran, tetapi mengukuhkan diri dengan fokus utama. Salah satunya dengan mengukuhkan diri di satu keluarga makanan utama, sempat ke keluarga lain tetapi begitu selesai dengan kebutuhan ilmu segera berpamitan karena bertebaran camilan yang harus dihindari agar tidak terkena badai ilmu.

3. Apa yang membuatku bahagia belajar di hutan pengetahuan? Mengapa?

Bertemu dengan teman diskusi yang mempunyai makanan utama yang sama, nyambung ngobrolnya, bahkan membuat challenge untuk mendalami ilmu yang dipelajari.

Dan tentu saja bertemu banyak guru, ini sangat menyenangkan. Bisa saling belajar, menerima dan berbagi ilmu.

4. Apa strategi belajar yang kurasakan berhasil selama di hutan pengetahuan?

Fokus dengan makanan utama. Terkadang makanan kita ada di beberapa keluarga. Dan dalam satu keluarga itu, yang dibahas banyak, bukan hanya makanan utama kita. Strategi saya, fokus, kalau dalam satu keluarga makanan utama sudah kudapatkan, segera pamit keluar agar tidak terkena badai informasi. Karena memang semua informasi yang ada sangat bermanfaat.

5. Apa yang harus kutingkatkan lagi?

Rajin melihat peta belajar. Tidak terbebani dengan apa yang dipelajari, meningkatkan kesyukuran dan kebahagiaan melalui tangga belajar. Menanyakan ulang berkali2, mana yang membahagiakan dan fokus dengan ilmu tersebut.

Tidak terburu buru dengan hasil, nikmati proses nya. Merasa pekan ini agak terbebani karena keinginan praktek dari apa yang dipelajari kurang simultan dengan kondisi fisik (back pain kambuh).

Secara garis besar, setelah merenung, saya syukuri proses belajar di bunda cekatan sampai hari ini. Banyak ilmu baru yang sangat bermanfaat bagi saya secara pribadi. semoga bisa bermanfaat juga untuk orang2 di sekitar saya dan orang lainnya di kemudian hari.

#janganlupabahagia
#jurnalminggu7
#materi7
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bekal untuk Buddy ku #jurnal 8 kelas ulat ulat

Kelas ulat ulat sudah di penghujung waktu, setelah ini kami akan memasuki kelas kepompong. Di momen terakhir kelas ulat ulat ini, ...