Selasa, 04 September 2018

Hari ke 10 : mendongeng, kisah nabi Sulaiman

Hari ini mendongeng didepan duo krucil ditambah mas ahsan. Pilihan tema dongeng umi tawarkan ke anak2 dan mas ahsan usul kisah tentang nabi. Mas azka menyetujui usul tersebut.

Dimulai dari bertanya "Pengen kisah nabi siapa?" Tidak ada yang memberi usul. Jadilah umi berkisah tentang nabi yang sangat kaya raya, mampu bicara dengan binatang, bisa menyuruh angin. Nama nabi umi sembunyikan di awal.

Memasukkan nilai "menyayangi binatang" penggalan kisah saat nabi sulaiman dan para pasukannya melalui jalan dimana ada keluarga semut yang sedang menyeberang jalan.

Value "menyayangi" ini dikonfirmasi ke anak2. Dikonteks kan dengan "bagaimana bersikap kepada orang lain, kepada teman2nya".

Mas azka menimpali bahwa harus baik dengan teman, melindungi, tidak menyakiti. Kemudian mas azka berkata "Aku pernah menyakiti teman, terus habis itu kalau mau minta maaf langsung aku malu". Yup! Terbuka akhirnya alasan mas azka tidak mau langsung berbaikan saat terjadi "accident" dengan teman mainnya. Kemudian umi sedikit bertanya memperdalam bagaimana seharusnya. Dan mas azka pun sudah paham seharusnya langsung berbaikan. Oke, butuh waktu untuk berproses dan meyakinkan mas azka terkait hal ini.

Cerita diakhiri dengan menebak nama nabi yang dikisahkan, yaitu nabi Sulaiman. Selesai dongeng, anak2 meminta tambahan dongeng lagi. Tetapi umi menawarkan cerita di tunda esok hari.

#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination
#day10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bekal untuk Buddy ku #jurnal 8 kelas ulat ulat

Kelas ulat ulat sudah di penghujung waktu, setelah ini kami akan memasuki kelas kepompong. Di momen terakhir kelas ulat ulat ini, ...